Breaking

Friday, February 06, 2009

Merawat LCD Handphone Sebaik Merawat Pacar

Merawat LCD Handphone.
Credit to: Spare Part HP
Kebutuhan ponsel atau telepon selular alias 'handphone' kini bukan lagi hal eksklusif, maka tak heran jika sebagian besar orang kini menggunakannya sebagai bagian dari kebutuhan hidup. Kita bisa lihat sekarang anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah sudah familiar sama gadget yang namanya handphone ini. Bahkan tak jarang anak SD juga sudah ada yang membawa handphone, padahal dulu sewaktu saya SD saya hanya diberikan mainan tamagochi oleh orang tua saya.


Well, tidak apa-apa. Setidaknya dengan tamagochi saya jadi merasakan tanggung jawab punya "anak" (kalau dibilang peliharaan kayaknya kurang enak sih) yang kadang-kadang lupa saya beri makan, mandikan, atau bantuin eek atau poop.


Oh iya, apalagi adanya fasilitas SMS memungkinkan komunikasi terjalin lebih ekonomis namun efektif. Memakai handphone memang perkara mudah, apalagi untuk handphone yang masih baru. Tapi, teman-teman tahu tidak ? Salah satu kiat untuk menjaga keawetan handphone teman-teman adalah dengan merawat LCD handphone, yakni bagian dari ponsel yang digunakan untuk menampilkan data text dan gambar, yang sering dikeluhkan para penggunanya.

LCD ini bisa kita analogikan seperti pacar. Kita sering mengeluhkan LCD handphone kita sama seperti kita sering mengeluhkan pacar kita (kalau berantem). Walaupun begitu kita harus tetap merawatnya dan menjaganya sebagaimana kita merawat dan menjaga pacar kita agar senantiasa melekat di hati. Kalau teman-teman punya handphone lebih dari 1 berarti teman-teman harus belajar untuk merawat lebih dari 1 LCD, seperti pacar, kalau teman-teman punya pacar lebih dari 1 berarti teman-teman harus belajar merawat pacar-pacar kalian.


Nah, bagaimana cara supaya kita bisa lebih hati-hati dengan LCD handphone kita ? Secara LCD handphone saya baru saja rusak beberapa waktu yang lalu.

  • Pertama, jika teman-teman membeli handphone baru dan bergaransi, sebaiknya jangan buru-buru mengikuti trend mengganti lampu layar handphone teman-teman. Hal ini akan membuat teman-teman kehilangan garansi dari tempat membeli handphone. Apalagi kalau proses pemasangan lampu LCD dilakukan kurang rapi dan baik, bisa jadi teman-teman akan rugi berganda. Selain handphone teman-teman jadi bakal rusak, LCD-nya belum tentu akan seperti semula, juga kehilangan garansi.
  • Kedua, dari pengalaman, handphone yang telah melewati masa 2 tahun apalagi lebih tentu akan mengalami penurunan kemampuan pada LCD-nya. Jika memang telah mulai terjadi 'katarak' alias makin kaburnya layar LCD teman-teman, segera hubungi service resmi dan ganti LCD ponselnya ya (kalau ada uang).
  • Ketiga, jangan terlalu sering membiarkan handphone anda terkena guncangan (kecuali pada tipe ponsel yang dirancang tahan goncang seperti pada mrek tertentu), jika dibiarkan LCD akan mengalami kerusakan. Yah, kita saja kalau terguncang ada kemungkinan rusak lo (baca: gila).
  • Keempat, usahakan jangan sampai bagian LCD handphone teman-teman tertekan atau ditekan. Ini sangat penting. Jika sampai dalam kondisi tertekan, layar LCD akan mengeluarkan cairannya. Alhasil LCD handphone teman-teman akan mengalami blank.
  • Kelima, usahakan jangan sampai LCD handphone teman-teman terkena cahaya matahari langsung maupun terkena panas atau terkena suhu terlalu dingin, karena dapat mengurangi kinerja dan kualitas kristal cair pada LCD tersebut (LCD = Liquid Crystal Display yang dalam bahasa indoneisa Layar Kristal Cair).
  • Keenam, jika teman-teman ingin mengganti case handphone, usahakan cari case yang ukurannya pas benar dengan case handphone yang original. Jarak case non original umumnya terlalu dekat dan cenderung menekan layar LCD handphone. Jadi, perhatikan jarak case depan dengan layar LCD teman-teman.
  • Tips tambahan: untuk membersihkan kaca (plastik) depan pelindung LCD, sebaiknya menggunakan kain yang halus dengan air secukupnya. Kalau kotoran yang berminyak, sebaiknya teman-teman menggunakan tisu basah saja untuk membersihkannya.

Nah, sekian sharing saya terkait merawat LCD handphone, semoga baik handphone ataupun pacar teman-teman dapat terjaga hehe.

No comments:

Post a Comment

Adbox