Breaking

Thursday, December 31, 2009

Tahun Baru 2010

Happy New Year 2010
Happy New Year 2010, Credit to: Mohamed Zakzouk
Suara terompet menggema di sana-sini. Letusan kembang api menghiasi langit tangerang yang hitam tanpa berhias bintang, hanya berhias bulan yang tertutup kelamnya awan. Topi kerucut menghiasi jalanan malam yang tak nampak sepi walau malam telah lama menghampiri kota ini. Ya, malam ini adalah malam pergantian tahun dalam kalender Masehi. 31 Desember 2009 akan segera berevolusi menjadi 1 Januari 2010.

Saya kira, tentu para masyarakat tak akan melewatkan moment sekali setahun ini. Merayakan dengan berbagai cara, khususnya di Kalimongso, suatu daerah di Kota Tangerang yang merupakan tempat saya berada sekarang. Sembari dalam suasana tahun baru, ada asin dan asam apabila kita flashback ke belakang bagaimana sejarah tahun baru atau lebih tepatnya perayaan tahun baru itu.

Ternyata tahun baru itu pertama kali dirayakan pada saat 45 SM. Yap, tepatnya tanggal 1 Januari 45 SM. Hal ini merupakan salah satu bentuk reformasi Julius Caesar terkait penanggalan dalam kalender pada jaman Romawi masa itu. Kalender itu disebut Kalender Julian. Kalender Romawi sendiri ternyata sudah mengalami banyak perubahan. Ini secara singkat masa-masa kalender sebelum menjadi kalender yang kita kenal sekarang.
  • Kalender Romawi Romulus
  • Perubahan Numa Pompilus
  • Modifikasi Decemvris
  • Kalender Julian
  • Masa Augustus Caesar
  • Kalender Gregorius Strawferryst
Hal ini dilakukan sebagai bagian memberikan penghormatan kepada pemegang nama bulan January yaitu Janus, Dewa Jalan, Pintu, dan Gerbang Romawi History. Janus sendiri digambarkan sebagai dewa berkepala dua di mana satu wajahnya menatap masa lalu sedangkan satu wajahnya yang lain menatap masa depan Wikibooks.

Apakah teman-teman tahu bahwa dulu, Romawi merayakan tahun baru ini dengan memberiksan persembahan kepada Janus, kemudian mereka pun saling bertukar hadiah, menghiasi rumah-rumah mereka menggunakan sejenis karangan bunga yang dibuat dari batang-pohon dan dedaunan, serta menghadiri pesta-pesta yang meriah. Nah suara terompet dan kembang api itu mungkin menggambarkan pesta-pesta tahun baru pada jaman Romawi tersebut ya.

Acara tahun baru sekarang ini ternyata bervariasi ya di tiap=tiap negara. Mungkin yang paling ikonik adalah di Amerika Serikat di mana ada Bola Times Square. Bola Times Square adalah bola waktu yang terdapat di Times Square, New York City Wikipedia. Bola ini terletak di atap One Times Square. Bola yang diletakkan di ujung tiang setinggi 141 feet (43 m) ini akan diturunkan dalam waktu 60 detik, dimulai pada pukul 11:59 p.m. ET, dan berakhir pada tengah malam untuk menandai dimulainya tahun baru. Perayaan itu biasanya disebut ball drop lo.

Selain masing-masing negara ternyata setiap orang juga memiliki tradisi untuk merayakan tahun barunya masing-masing. Ada yang menghabiskannya dengan membakar ikan bersama teman-teman. Beberapa orang mungkin ada yang menghabiskannya dengan berkumpul bersama keluarga. Tidak menutup kemungkinan ada juga yang menghabiskannya dengan duduk di depan laptop, di dalam kamar, dan tentu sendirian.

Video Ball Drop pada New Year's Eve 2009


Credit to BASH953 on Youtube

3 comments:

Adbox