Breaking

Friday, January 01, 2010

KTP Rasa Teknologi, e-KTP

Bentuk e-KTP yang Akan Menggantikan KTP Lama
Credit to: Cirebon Media
Teknologi memang bagaikan angin yang berhembus. Setiap saat selalu ada angin yang berhembus, begitu juga dengan teknologi yang setiap saat mengalami inovasi-inovasi. e-KTP (elektronik KTP) atau dalam bahasa universal disebut electronic ID Card. Ada apa dengan e-KTP ?

2010 adalah tahun di mana saya akan berusia 19 tahun, tahun di mana saya akan menjalani UTS dan UAS pertama di STAN, tahun di mana saya berniat untuk bertobat dan memperbanyak ibadah.

Terlepas dari semua hal yang tidak berhubungan dengan post kali ini, tahun 2010 merupakan tahun di mana pemerintah kita berencana akan menerapkan sebuah terobosan dalam pemakaian kartu identitas atau KTP (selamat buat pemerintah RI). Pasalnya di tahun yang diawali oleh hari jum'at ini, akan diberlakukan pemakaian e-KTP.

Program ini bukanlah program kecil-kecilan, biasanya di daerah saya biasa disebut ecek-ecek, karena untuk kelangsungan hidup program ini, pemerintah RI kita yg tercinta telah mengucurkan dana sedikitnya Rp 60.000.000.000.000,00 (banyak banget kan nolnya) [Ketok]. Angka yg tidak sedikit bukan, 60 triliun rupiah coi. Semoga saja dana itu benar-benar digunakan sebagaimana mestinya ya, tidak masuk ke dalam kantong-kantong yang kehausan.

Wah rencananya banyak keunggulannya nih e-KTP ke depannya. Apa saja keunggulannya ?
  • Rencananya e-KTP ini bakal menjadi identitas tunggal. Sebenarnya saya sudah pernah mendengar adanya single identity number di negara-negara maju, mungkin ini adalah salah perwujudannya di Indonesia ya.
  • Katanya, e-KTP ini nantinya akan sulit dipalsukan. Kita tahu, dewasa ini memang banyak warga negara yang memiliki KTP lebih dari satu, padahal hal itu dapat memicu terjadinya tindak kejahatan lo.
  • e-KTP juga katanya tidak akan bisa digandakan.
  • Dengan e-KTP juga diharapkan adanya keakuratan data penduduk nantinya. Yah, dengan sistem yang sudah terkomputerisasi semoga saja hal ini bisa tercapai [Wikipedia].

Yap, sesuai dengan namanya, KTP ini tentu akan berbau elektronik, seperti software penanda sidik jari hingga pembuatan database nasional. Sayang sekali, untuk tahap percobaan, daerah-daerah yg akan menerapkan program ini baru sebatas kota-kota besar seperti Padang, Makassar, Denpasar dan Jogjakarta. Kapan di Tangerang dan Mataram ya ?

5 comments:

  1. di lawata pasti gak ada ntar..

    ReplyDelete
  2. @renspandy
    Lawata KOTA pertama di mataram yg menerapkan e-KTP mond..
    (insyaALLAH)..

    ReplyDelete
  3. @caca
    taman baru g masuk itungan

    @iq
    masih bos,,
    katanya ipmu 3.86 y ??
    Leee tenget..

    ReplyDelete

Adbox