Breaking

Monday, August 02, 2010

Beracun Tapi Halal

Makanan yang Sering Kita Temui Banyak yang Memiliki Bagian Beracun
Credit to: Spirit Riau
Para pembaca, judul yang tertera pada post ini mungkin kurang menarik. Karena saya bingung untuk memakai judul apa, saya mengetik judul paling aneh yang terlintas di pikiran saya untuk post kali ini. Terlepas dari judul yang kurang menarik atau saya otak saya yang memikirkan judul itu mari simak post beracun kali ini.

Beberapa detik yang lalu saya membaca buah artikel tentang makanan beracun yang banyak terdapat di sekitar kita. Mungkin sudah banyak dari pembaca yang sudah mengetahuinya, tetapi jujur walau saya sewaktu sma rajin menempatkan b*kong saya di bangku IPA (saya dulu sma jurusan IPA) tetapi saya belum mengetahui hal ini. Memang dulu saya sangat membenci pelajaran biologi karena pelajaran yang penuh dengan istilah yang otak saya tidak mau berkenalan dengannya.

Cukup dengan curhatan masa SMA saya yang membawa kenangan bagi saya sendiri kita back to topic. Jadi, yang mau saya katakan untuk menjadi prolog dalam post kali ini adalah:

Saya hanya ingin sekedar sharing pada para pembaca blog saya ^,^

Fuh akhirnya sekarang kita masuk ke topik yang tertunda.
Nah sekarang saya mari kita lihat makanan-makanan tersebut.

Tomat


Apakah ada dari kalian yang pernah memakan tomat? Kalo saya menjadi kalian, saya akan berhenti mangkonsumsi tomat, karena saya tidak suka dengan tomat. Sebenarnya tidak ada masalah pada tomat, yang bermasalah justru adalah daun dan tangkai tomat. Memang saya belum ketemu orang yang memakan daun dan tangkai tomat dan jika ada anda tidak perlu mempertemukannya dengan saya. Bagian ini tidak bisa dimakan tetapi kerap kali digunakan dalam memasak, mungkin dijadikan penyedap saya kurang tahu karena saya tidak berharap untuk jadi koki di masa depan karena memikirkan nasib pelanggan yang akan memakan masakan saya kelak. Kedua bagian tomat ini mengandung glycoalkaloid, yaitu nama latin dari racun yang belum pernah saya konsumsi. Racun ini sangat kuat yang kata neng Wikipedia terdiri dari alkaloid dan gula. Racun ini biasanya pahit dan menyebabkan iritasi seperti terbakah di bagian belakang lidah ketika dikonsumsi.

Apel

Credit to: Ibu & Balita

Apel merupakan buah yang kerap kali dibawa kalo jenguk orang sakit, juga buah yang dijadikan Steve Jobs sebagai lambang buat perusahaannya. Apel kaya akan vitamin yang tidak perlu saya sebutkan tetapi biji apel mengandung apa yang biasa diketik dengan sianida. Biji apel mengandung zat yang disebut glikosida sianogen yaitu senyawa yang mengandung sianida. Sianida yang dipelihara oleh biji apel ini bila dimakan dalam jumlah tertentu yang tidak disebutkan jumlahnya bisa menyebabkan ketenangan abadi dalam damai a.k.a rest in peace. Biji apel ketika dikonsumsi akan mengeluarkan beberapa racun saat melewati sistem pencernaan yang apabila dalam jumlah kecil, maka tubuh kita masih memiliki kemampuan untuk menetralisirnya. Apabila teman-teman mengunyah biji apel, maka hal ini malah akan membantu biji apel melepaskan racun dalam tubuh kita.

Apabila teman-teman sudah memakan biji apel dalam jumlah tertentu, mungkin saja teman-teman bisa mengalami gejala neurologis termasuk kejang, sakit kepala, pusing, dan pusing serta fluktuasi denyut jantung (mungkin deg-degan gitu ya, seperti ketemu calno mertua), laju pernapasan, dan tekanan darah. Muntah dan air liur berlebihan bisa terjadi. Jika teman-teman masih kurang puas, teman-teman bisa mengkonsumsi biji apel dalam kuantitas banyak dan mungkin teman-teman akan mengalami masalah pernapasan yang parah diikuti oleh kegagalan pernafasan dan kematian [Sumber: Bidanku].

Saya tidak menganjurkan untuk memakan biji apel ini dan saya juga tidak melarang anda untuk memakan biji apel ini.

Cherry

Credit to: Stockton

Cherry buah yang biasanya berwarna merah. Pip cherry bila sengaja atau tidak sengaja dikunyah akan melepas racun hidrogen sianida yang dalam dosis kecil dapat menyebabkan pusing, kebingungan atau muntah. Keracunan hidrogen sianida dalam dosis besar dapat menyebabkan sulit nafas, tekanan darah dan jantung naik serta gagal ginjal yang berujung pada kematian (hmm kata-kata yang bagus untuk mempromosikan cherry sebagai saran bunuh diri).

Almond


Almond adalah bijian yang sering kita temukan nebeng di coklat yang dijual di toko. Sama halnya seperti apel, bijian ini mengandung sianida dan harus diproses pada panas yang benar dan tidak boleh pada panas yang salah, mungkin karena bakalan remidi kalo diproses pada panas yang salah.

Kentang

Credit to: Vudesk

Kentang merupakan sayur yg tidak mirip bentuknya dengan bayam, menurut persepsi saya kentang lebih mirp gumpalan berwarna coklat (atau coklat kekuning-kuningan). Tenang bagian beracun pada kentang bukan berada pada bijinya, karena kentang tidak berbiji, tapi ada pada ranting, daun bahkan buahnya itu loooohhhh *bergaya banci. Pernahkah kalian melihat kentang yg agak kehijau2an ? Kalo udah selamat deh, karena saya sendiri baru tau kalo kentang ada yg berwarna hijau. Menurut referensi yg saya baca, warna hijau layaknya kolor ijo ini karena eksistensi dari racun glycoalkaloid. Racun glycoalkaloid adalah racun, yang sekali lagi saya katakan dengan jelas, belum pernah saya konsumsi. Keracunan racun glycoalkaloid mungkin bisa mengakibatkan hal ini:



Cabe

Credit to: Nonikhairani

Saya yakin benda terkenal satu ini sudah sering mengunjungi lidah dan lambung kalian. Pedas, satu kata yg bisa melukiskan cabe. Capsaicin, itulah kandungan yg membuat cabe terasa PEDAAASSS. Eit tunggu dulu, jika berlebihan ngimpor capsaicin ini ke lambung kalian, kalian mungkin beruntung mendapat tiket ke surga (atau neraka).

Kacang Monyet


Sebelumnya mari kita cermati maksud dari kacang monyet, sekilas terlintas di pikiran saya minim pengetahuan dunia biji-bijian ini, kacang yg berbentuk monyet yg sedang ngeden sambil megang pisang. Yah, itulah hasil imajinasi saya yang IQ-nya terbilang pas-pasan ini. Buat yang senasib dan sepenanggungan ini saya sertakan gambar kacang yang bernama monyet:

Credit to: Pondok Ibu

Bijian ini mengandung urushiol sehingga harus dikukus dulu biar racun yg namanya urushiol itu di-DO dari kacang monyet ini. Biji yang biasanya kita sebut sebagai kacang mete ini sebenarnya adalah biji tunggal dari buah sejati tanaman ini. Yap, itu adalah bagian dari buahnya teman-teman. Nah biji ini dikelilingi cangkang ganda yang dapat mengeluarkan getah di mana getah ini lah yang mengandung urushiol [Sumber: Wikipedia].

Bagaimana kalau terkena ? Apabila terkena, nanti bisa menyebabkan iritasi pada kulit teman-teman.

Jamur

Credit to: Wikipedia

Jenis jamur di dunia ini sangat banyak, lebih banyak dari rambut yg tumbuh di ketiak saya. Beberapa di antara jamur2 itu ada yg beracun, ada yg tidak beracun, ada yang beracun tidak, ada yang malu-malu, ada yang fashionable, ada yang pendiam, ada yang pendendam, ada yang pintar.
*Hmm saya mulai ragu dengan kesadaran saya saat ini hingga dalam penjelasan saya ada jamur seperti itu*
Oh ya, menurut referensi yang semoga terpercaya yang saya baca, salah satu jamur yang paling beracun adalah jamur yang mengandung racun Alpha Amanitin. Racun ini dapat menyebabkan kerusakan liver dan sering ditemui pada jamur dengan genus Amanita.

Berikut daftar genus jamur yang beracun yang dapat membuat kita masuk rumah sakit, tapi belum sampai berakibat kematian [Sumber: Wikipedia].
  • Fly Agaric atau Amanita Muscaria.
  • Panther Mushroom atau Amanita Pantherina.
  • Greengills atau Chlorophyllum Molybdites.
  • pinkgills atau Entoloma.
  • Beberapa spesies Inocybe, seperti Inocybe Fastigiata atau Inocybe Geophylla kecuali Inocybe Erubescens karena sejauh ini, Inocybe Erubescens diketahui dapat menyebabkan kematian.
  • Beberapa spesies Clitocybe Putih, seperti C. rivulosa atau C. dealbata.
  • Tiger Tricholoma atau Tricholoma Tigrinum dan Tricholoma Pardinum.
  • Man-on-Horseback atau Tricholoma Equestre.
  • Sulfur Tuft atau Hypholoma Fasciculare / Naematoloma Fasciculare.
  • Brown Roll-Rim atau Paxillus Involutus.
  • Devil's Bolete atau Rubroboletus Satanas, Suillellus Luridus, Rubroboletus Legaliae, Chalciporus Piperatus, Neoboletus Luridiformis, dan Rubroboletus Pulcherrimus. Akan tetapi, dari kelima jamur ini, Rubroboletus Pulcherrimus ternyata pernah menyebabkan kematian.
  • Poison Pie / Fairy Cakes atau Hebeloma Crustuliniforme.
  • The Sickener atau Russula Emetica.
  • Agaricus Hondensis, Agaricus Californicus, Agaricus Praeclaresquamosus, dan Agaricus Xanthodermus.
  • Lactifluus Piperatus, Lactarius Torminosus, dan Lactarius Rufus.
  • Lactarius Vinaceorufescens dan Lactarius Uvidus.
  • Ramaria Gelatinosa.
  • The Scaly Chanterelle atau Gomphus Floccosus.


Nah, kalau jenis-jenis racun yang ada pada jamur bisa teman-teman lihat di tabel di bawah ini ya.

Credit to: Wikipedia


Pufferfish

Credit to: Thinglink

Pernah dengar pribahasa yg mengatakan jangan hanya buku dari sampulnya? Nah pribahasa itu cocok untuk jenis ikan ini. Di balik keimutannya, siapa sangka kalau ternyata hemut (hewan imut) satu ini termasuk the best five dalam vertebrata beracun di dunia. Lever dari ikan ini mengandung tetrotodoxin, racun yang di komik Detective Conan saya baca bisa menyebabkan kelumpuhan. Tapi info sekedar info orang Korea sama Jepang hobi lo makan ikan ini.

Cassava

Credit to: Pomeroy

Makanan ini sering ditemukan di Karibean dan Amerika Selatan, tempat yang jauh banget dari rumah saya. Tetapi walau begitu sepertinya di rumah saya sering menemukan makanan ini. Di kolek buatan ibu saya, di abang-abang gorengan, di cemilan Kusuka atau Q-tela. Saya tidak tahu secara ilmiah mereka berbeda atau tidak, tetapi menurut saya sih yang pernah diajar bahasa inggris di sekolah, cassava itu singkong.

Makanan yg satu ini mengandung cyanogenic glocosides yang kalau tidak diproses dengan benar maka bisa menyebabkan kita bertemu dengan pencipta. Cyanogenic glocosides atau glikosida sianogenik yang terdapat pada cassava ini adalah linamarin dan lotaustralin. Gejala terberat dari singkong beracun ini memang kematian, akan tetapi gejala lain yang tidak berat yang ditimbulkannya adalah muntah, penyempitan kerongkongan, mual, dan sakit kepala.

Well itu makanan-makanan yg mungkin dapat mengantarkan kita untuk istirahat selamanya. Pesan saya jika terjadi gejala2 tidak enak setelah memakan bagian dari makanan yg disebutkan di atas jangan beritahu saya tapi pergilah ke dokter terdekat.

1 comment:

  1. harusnya kamu makan semuanya.....

    ReplyDelete

Adbox