Breaking

Thursday, December 29, 2016

Mendefinisikan Undefined Problem

Masalah Undefined karena Install Template Baru

Dalam post "I'm Back with A New Face" sebelumnya, saya menjelaskan bahwa saya mengganti template dari blog saya. Nah, setelah mengganti template tersebut saya mendapati pada bagian header post di blog saya terjadi suatu keanehan yaitu munculnya tulisan undefined, undefined, undefined. Awalnya saya berpikir bahwa ini adalah bawaan dari template blog saya yang baru ataupun malah bug dari template blog yang baru.

Karena awalnya saya mengira ini adalah bawaan dari template baru ini, saya pun mencoba mencari masalahnya. Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan mencoba melihat kode html dari template baru blog ini. Berhubung saya pemula dalam hal seperti ini, biasanya saya langsung saja mencari masalah yang terjadi pada template saya dengan menggunakan fitur find setelah membuka html template blog saya.

Mencoba Mencari Penyebab Masalah Undefined di Menu Edit HTML

Tetapi, ternyata saya salah. Tidak ada yang masalah dengan template tersebut. Akhinrya saya pun mencoba googling dan dari beberapa referensi yang saya baca ternyata penyebabnya ada di masalah pengaturan timestamp format pada blog saya. Karena saya menggunakan template dari pihak ketiga, maka terkadang blogger tidak mendukung beberapa fitur dari pihak ketiga, salah satunya adalah timestamp format.

Mengubah Timestamp Format

Untuk mengubah timestamp format ternyata cukup mudah. Berikut yang saya lakukan untuk mengubahnya.
  • Masuk ke Dashbard Menu blog.
  • Pilih menu Settings.
  • Kemudian pilih sub menu Language and Formatting.
  • Di bagian Formatting pasti ada pilihan Timestamp Format.
  • Ganti pengaturan Timestamp Format anda. Di beberapa referensi yang saya baca pengaturan Timestamp Format yang digunakan berbeda-beda. Tetapi setelah saya mencobanya, yang berhasil pada template saya adalah pengaturan Timestamp Format dengan format MM/DD/YYYY contohnya adalah 12/29/2016.
  • Kemudian tekan button Save Settings.
  • Coba lihat blog anda, masalah Undefined Problem terselesaikan.

Cara Mengubah Timestamp Format untuk Menyelesaikan Undefined Problem

1 comment:

Adbox